Besaran dan Satuan dalam Pengukuran Fisika

Dalam belajar fisika, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah tentang besaran dan satuan. Dengan memahami hal ini, maka sobat akan terhindar dari beberapa kesalahan saat melakukan perhitungan.

Tak hanya berguna saat mengerjakan soal saja, tetapi juga akan berguna saat kamu ingin membuat berbagai mesin atau alat yang membutuhkan tingkat presisi dan akurasi yang tinggi.

Tak mau kan kalau penemuan sobat gagal hanya kesalahan hal sepele?

Definisi Besaran dan Satuan

Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai atau satuan. Sedangkan satuan merupakan nilai pembanding yang ukurannya sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Dalam pengukuran fisika, satuan yang digunakan dan berlaku di seluruh dunia adalah System International d’Units (SI) atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama Satuan Sistem Internasional.

Satuan sendiri harus memenuhi beberapa syarat agar bisa digunakan sebagai satuan standar. Adapun syarat dari satuan adalah:

  • Nilainya tetap dan tidak berubah berdasarkan waktu, tempat, suhu, dan sebagainya.
  • Mudah didapat oleh siapapun
  • Dapat diterima di belahan dunia manapun

Selain memahami definisi besaran dan satuan, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis besaran berdasarkan satuannya.

Baca juga

Besaran sendiri terbagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Yuk simak lanjutannya.

Besaran Pokok

Besaran pokok merupakan besaran yang berdiri sendiri dan tidak diturunkan dari besaran jenis yang lain. Besaran pokok menjadi dasar dalam menentukan besaran lain atau besaran turunan.

Untuk menentukan besaran pokok ini harus ada kesepakatan para ilmuwan. Hingga saat ini sudah ada 7 macam besaran pokok yang sudah ditetapkan.

Tabel berikut menjelaskan macam besaran pokok beserta satuannya.

definisi besaran dan satuan

Besaran Turunan

Besaran turunan merupakan jenis besaran yang diturunan dari besaran pokok. Sedangkan satuan besaran turunan merupakan gabungan dari beberapa satuan pokok.

Biasanya untuk menentukan satuan besaran turunan digunakan rumus fisika dalam penentuan satuannya. Besaran turunan sendiri tidak terbatas jumlahnya, contoh besaran turunan bisa kamu lihat dari tabel di bawah ini.

besaran turunan
Belajar fisika itu mudah. Dengan memahami besaran dan turunan akan memudahkan sobat dalam melakukan berbagai macam pengukuran fisika.

Kamu bisa mengetahui sendiri satuan besaran turunan tanpa harus menghafalnya, dengan syarat kamu harus hafal rumusnya. Oke, selamat belajar ya Sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *