Seperti Apa Contoh Lambang Unsur Pada Zaman Alkimia?

Berbeda dengan ilmu kimia modern saat ini, contoh lambang unsur pada zaman alkimia justru tampil dalam bentuk gambar. Semua ini dilakukan para ahli alkimia agar lebih mudah dalam menjelaskan kepada orang lain. Dan rupanya dalam memberikan lambang untuk sebuah unsur, para ahli alkimia juga dipengaruhi oleh pengetahuan kuno.

Sebagai protosains, alkimia begitu erat dengan salah satu bidang pseudosains alias ilmu semu yakni astrologi. Hal ini tak lepas dari pemikiran para alkimia yang masih kuat dipengaruhi oleh hal-hal bersifat mistis hingga identik dengan sihir. Meskipun contoh lambang unsur pada zaman alkimia begitu berbeda dengan ilmu modern, alkimia tetap menjadi tonggak dasar kimia masa kini.

Baca juga Yuk Memahami Lambang Unsur Zaman Alkimia

Perbedaan Alkimia dan Kimia

Meskipun alkimia merupakan cikal-bakal kimia modern, protosains ini akhirnya terlupakan dan dienyahkan dari semesta ilmu pengetahuan. Hal ini tak lepas dari dasar-dasar ilmu alkimia itu sendiri. Di mana alkimia meyakini bahwa semua benda yang ada di alam termasuk logam dan mineral hingga kotoran makhluk hidup ini memiliki jiwa.

Jiwa alias spirit inilah yang membuat alkimia berbeda jauh dari kimia dan menjadikannya sebagai cabang pseudosains. Bahkan para alkimia zaman dulu dianggap sebagai tukang sihir karena mereka memiliki keyakinan mampu mengubah logam menjadi emas, sesuatu yang mustahil diterima akal sehat di masa kuno, tapi merupakan hal yang tak mustahil di kimia sekarang.

Beberapa contoh lainnya adalah para ahli alkimia (alchemist) bisa menciptakan api dari jarinya yang ternyata menggunakan senyawa/campuran bahan kimia tertentu. Karena kemampuan yang di luar akal pikiran manusia masa lampau, alchemist pun dianggap sebagai ahli sihir. Hal ini juga yang membuat contoh lambang unsur pada zaman alkimia begitu erat kaitannya dengan alam semesta.

Karena dibangun dari hal-hal yang berbau alam semesta, disiplin filosofis dan spiritual, alkimia meyakini kalau semua materi di alam ini dibagi atas empat unsur. Keempat unsur itu adalah tanah, udara, api dan air yang memiliki contoh lambang unsur pada zaman alkimia serupa dengan simbolisme mistisme dan sihir.

perbedaan kimia dan alkimia

Salah satu materi yang begitu berambisi diciptakan oleh para alchemist itu adalah ramuan keabadian (Grand Elixir of Immortality) yang membuat usia manusia tidak terbatas. Sementara hal kedua adalah batu bertuah (Philosopher’s Stone), sebuah batu yang mampu mengubah logam menjadi emas. Bagi alkimia, emas adalah zat paling sempurna dan simbolisasi pemilik alam semesta.

Contoh Lambang Unsur Pada Zaman Alkimia Dipengaruhi Astrologi

Menyinggung soal emas, dalam contoh lambang unsur pada zaman alkimia logam mulia ini bersimbol seperti matahari. Fakta ini diperoleh karena alkimia begitu erat kaitannya dengan astrologi. Jika kamu tak tahu, astrologi adalah ilmu semu mengenai perbintangan. Tidak sendiri, ada banyak sekali logam-logam yang memiliki lambang serupa dengan planet dan benda di luar angkasa.

Seperti Apa Contoh Lambang Unsur Pada Zaman Alkimia?

Dalam beberapa contoh lambang unsur pada zaman alkimia, kamu bisa melihat kemiripan antara perak dengan simbol bulan. Lalu ada juga raksa yang merupakan lambang untuk planet Merkurius. Begitu pula dengan tembaga yang mirip dengan planet Venus hingga planet Mars sebagai perwakilan dari lambang besi.

Seperti Apa Contoh Lambang Unsur Pada Zaman Alkimia?

Alkimia memberikan sumbangsih luar biasa pada perkembangan ilmu kimia lewat tangan-tangan ilmuwan Islam. Namun sayang ketika alkimia masuk ke Eropa, mulai terasimilasi dengan keyakinan dan membuatnya runtuh di abad ke-18.

Baca juga

Kini mempelajari contoh lambang unsur pada zaman alkimia adalah salah satu langkah terbaik untuk mengenang betapa menariknya ilmu ‘sihir’ ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *