Yuk Kenali Tiga Komponen Utama Sistem Gerak Pada Manusia

Sebagai manusia, kamu harus sangat bersyukur karena tubuh bisa bergerak. Namun apakah kamu tahu bagaimana tubuh ini bergerak? Selain didorong oleh keinginan dari otak, semua karena adanya sistem gerak pada manusia. Supaya makin paham, yuk kenali tiga komponen utamanya yakni rangka, sendi dan otot.

Sistem Gerak Rangka

Rangka atau yang kamu kenal sebagai tulang adalah alat gerak pasif. Fungsi utama rangka adalah untuk menegakkan dan memberi bentuk pada tubuh sekaligus melindungi organ lunak.

Tulang penyusun rangka memiliki dua tipe yakni tulang keras dan rawan. Tulang keras memiliki tekstur lebih padat dan keras dibandingkan tulang rawan. Kenapa begitu? Karena kandungan kalsium tulang keras lebih banyak. Nah, kalau berdasarkan bentuknya, tulang ada tiga jenis yakni tulang pipa, pipih dan pendek.

Nah, supaya kamu lebih paham lagi soal sistem gerak pada manusia, kamu juga harus tahu kalau tulang pembentuk rangka dibagi menjadi tiga yaitu:

Tengkorak

Sistem Gerak Pada Manusia

Tersusun dari tulang pipih, tengkorak adalah tulang yang ada di bagian kepala manusia. Tengkorak berfungsi untuk melindungi otak, mulut dan telinga.

Jika diperinci lagi, tengkorak terdiri dari tulang dahi, tapis, hidung, rahang atas (maksila), gigi, rahang bawah (mandibula), pelipis, kepala belakang dan ubun-ubun.

Badan

Seperti halnya tengkorak, tulang badan berfungsi melindungi orang tubuh di rongga badan seperi jantung, paru-paru, lambung hingga usus.

Rangka badan ini dibedakan jadi lima kelompok yaitu ruas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, gelang bahu dan gelang panggul.

Anggota Gerak

Yuk Kenali Tiga Komponen Utama Sistem Gerak Pada Manusia

Bagian tulang anggota gerak dibedakan jadi dua yakni atas dan bawah. Lengan atas, hasta, pengumpil, pergelangan dan telapak tangan serta jari-jari adalah tulang anggota gerak bagian atas. Untuk bagian bawah meliputi tulang paha, kering, tempurung lutut, betis, pergelangan dan jari kaki.

Sistem Gerak Sendi

Komponen sistem gerak pada manusia yang kedua adalah persendian. Secara sederhana, persedian adalah hubungan antara tulang satu dengan lainnya.

Jika dilihat berdasarkan pergerakannya, ada tiga jenis sendi utama yakni sendi mati (sinartrosis), sendi kaku (amfiartrosis) dan sendi gerak (diartrosis).

Sementara secara khusus, diartrosis memiliki lima tipe lagi yaitu sendi engsel, sendi pelana, sendi geser, sendi putar dan sendi peluru.

Baca juga

Sistem Gerak Otot

Dan inilah bagian yang sangat penting dalam sistem gerak pada manusia. Jika tulang dan sendi termasuk bagian pasif, maka otot-lah yang menjadi alat gerak aktif lantaran bertanggung jawab menggerakkan tulang.

Untuk jenisnya, otot dibedakan jadi tiga. Berikut ulasannya:

sistem gerak pada manusia

Otot Polos

Memiliki bentuk gelendong yang bagian ujungnya meruncing dan tengah menggelembung, otot polos ini bekerja secara tidak sadar sehingga lambat merespon rangsangan. Dipengaruhi saraf otonomm, otot polos tidak cepat lelah.

Kamu bisa menemukannya di saluran pencernaan, pernafasan, dinding usus, pembuluh darah, alat kelamin dan eksresi.

Otot Lurik

Kerap disebut otot rangka karena melekat pada tulang. Disebut lurik karena memiliki garis gelap terang pada serabutnya dan bagian ujung bernama tendon. Karena dipengaruhi saraf sadar sehingga gerakannya otot ini cepat.

Otot Jantung

Berada pada dinding jantung, otot jantung tampak mirip otot lurik tapi bercabang-cabang. Kerja otot jantung tak sesuai kehendak sehingga tak gampang lelah. Dipengaruhi saraf tak sadar, otot ini berfungsi memompa darah keluar jantung.

Baca juga ya pengaruh manusia terhadap lingkungan

Ternyata jika dijabarkan, sistem gerak pada manusia terdiri dari banyak bagian. Untuk itulah sebagai manusia yang terlahir normal, kamu harus menjaga kesehatan sistem gerak agar tetap bisa beraktifitas tanpa masalah setiap harinya.

Sumber referensi

https://www.biologi.co.id/sistem-gerak-pada-manusia-rangka-persendian-otot-tulang-dan-fungsinya-terlengkap/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *