Begini Pemisahan Campuran Kristalisasi

Salah satu metode pemisahan campuran yang banyak digunakan adalah kristalisasi. Pemisahan campuran kristalisasi dilakukan dengan cara mengkristalkan kembali zat yang telah dipisahkan. Umumnya metode kristalisasi menggunakan suhu yang relatif rendah.

Hal itu bertujuan agar bisa terjadi endapan dari larutan yang saling dipisahkan. Berikut selengkapnya mengenai kristalisasi.

Campuran yang dipisahkan dalam kristalisasi berada dalam bentuk larutan. Partikel campuran yang dipisahkan secara kristalisasi biasanya berukuran kecil. Jika berukuran besar, dapat dipisahkan dengan cara filtrasi.

Jenis Pemisahan Campuran Kristalisasi

Berdasarkan pengurangan pelarutnya, kristalisasi terbagi menjadi dua macam, yaitu:

Kristalisasi penguapan

Proses ini dilakukan jika zat yang akan dipisahkan memiliki titik beku yang lebih tinggi dibandingkan titik didih pelarut. Selain itu, zat tersebut juga memiliki ketahanan terhadap panas. Penerapan kristalisasi penguapan contohnya pada pembuatan garam.

Ketika pasang, air laut akan mengisi tambak garam. Sinar matahari menyebabkann air akan menguap dan garam tetap dalam wadahnya. Jika penguapan berlangsung terus-menerus, garam tersebut akan membentuk kristal bahkan sebelum airnya habis.

pemisahan campuran kristalisasi

Kristalisasi pendinginan

Sesuai dengan namanya, proses ini dilakukan dengan mendinginkan larutan. Ketika suhu turun, zat yang titik bekunya lebih tinggi akan membeku terlebih dahulu. Zat padat lebih mudah larut pada air panas, karenanya jika didinginkan, kelarutan zat akan berkurang. Kelarutan yang berkurang mengakibatkan pembentukan kristal. Penerapan kristalisasi pendinginan ada pada industri belerang.

pemisahan campuran kristalisasi

Berdasarkan dari asal campurannya, kristalisasi terbagi menjadi:

Kristalisasi dari larutan

Proses ini umum digunakan untuk membuat produk kristal berbagai senyawa, seperti gula, urea, MSG, asam sitrat, garam dapur, dan lainnya.

Kristalisasi dari lelehan

Proses ini dikembangkan untuk membuat kristal silicon single yang akan dibuat menjadi silicon waver. Zat tersebut menjadi bahan dasar membuat chip IC.

Kristalisasi dari uap

Proses ini dilakukan dengan menyublimasikan suatu senyawa untuk membentuk kristal. Dalam prosesnya meliputi lebih dari satu tahapan untuk diperoleh kristal yang murni.

Baca juga

Kamu juga dapat melakukan percobaan pemisahan campuran kristalisasi ini. Untuk melakukannya, kamu butuh beberapa alat dan bahan berupa:

  • Gelas kimia
  • Pemanas spirtus
  • Kain kassa
  • Kertas saring
  • Kaki tiga
  • Corong
  • Spatula
  • Garam dapur

Prosedur percobaannya adalah:

  1. Mengisi gelas kimia dengan air sebanyak 50 ml.
  2. Melarutkan sebanyak dua spatula garam ke dalam gelas.
  3. Memanaskan sampai seluruh air dalam gelas kimia menguap.
  4. Amati garam yang terbentuk kembali pada dasar gelas.

Sekarang sudah mengerti bukan mengenai pemisahan campuran kristalisasi? Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *