Sistem transportasi pada manusia

Di dalam tubuh makhluk hidup, khususnya manusia dan hewan ada yang namanya sistem transportasi. Sistem ini adalah sistem yang mengedarkan zat dari satu bagian ke bagian yang lain. Sistem transportasi sangatlah penting dalam kehidupan ini. Sehingga harus dipelajari dan dipahami. 

Definisi Sistem Transportasi

Adapun definisi sistem transportasi pada manusia adalah suatu proses mengubah zat yang dibutuhkan oleh tubuh kepada seluruh komponen tubuh manusia. Selain itu, juga ada proses pengambilan zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh tersebut.

Sistem Transportasi pada manusia, definisi sistem transportasi

Manusia memiliki alat transportasi yang paling utama berupa darah. Dengan adanya bantuan dari alat peredaran darah, darah manusia mampu melakukan peredaran dengan sangat cepat. Adapun alat peredaran darah yang dimaksud adalah jantung dan juga pembuluh darah.

Di samping adanya pembuluh darah, manusia di dalam tubuhnya juga memiliki yang namanya peredaran limfe atau yang kerap disebut dengan getah bening. Getah bening tersebut kemudian akan diedarkan melalui pembuluh khusus yang dikenal dengan pembuluh limfe.

Baca juga Bagaimana Cara Kerja Alat Tubuh Manusia?

Sementara alat transportasi yang ada pada hewan adalah cairan di dalam tubuh mereka. Sedangkan untuk jenis hewan yang memiliki tingkatan tinggi, menggunakan alat transportasi berupa darah serta berbagai bagian dari darah. Sedangkan jantung serta pembuluh darah adalah alat peredaran pada beberapa jenis hewan tingkat tinggi.

Darah

Sistem Transportasi pada manusia, definisi sistem transportasi

Darah merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Jika darah seseorang berhenti beredar, maka orang tersebut bisa dikatakan mati. Beberapa bagian di dalam darah adalah sel darah yang terdiri dari sel darah merah (Erotrosit), kemudian sel darah putih (Leukosit) dan keping darah (Trombosit). Kemudian ada juga bagian darah yang bentuknya cair berupa serum dan fibrinogen.

Adapun fungsi dari darah sendiri adalah untuk mengedarkan sair makanan ke semua bagian tubuh. Hal ini dilakukan oleh plasma darah. Fungsi lainnya adalah mengangkut sisa-sisa oksidasi dari sel yang dikeluarkan dari tubuh manusia.

Fungsi darah yang berikutnya adalah mengangkut oksigen ke semua bagian tubuh yang dilakukan oleh bagian sel darah merah. Selain itu, darah juga akan membantu membunuh kuman yang masuk ke tubuh oleh bagian sel darah putih. Berikutnya, darah juga mampu melakukan penutupan terhadap luka dan menjaga kestabilan suhu tubuh manusia.

Jantung

Jantung juga termasuk ke dalam sistem transportasi, baik itu pada manusia atau jenis hewan mamalia. Jantung terdiri dari beberapa ruang di dalamnya. Yaitu bilik kiri, serambi kiri, bilik kanan dan serambi kanan. Jantung memiliki fungsi melakukan pemompaan terhadap darah.

Pembuluh Darah

Selanjutnya adalah pembuluh darah yang merupakan alat bantu transportasi pada manusia dan hewan. Ada tiga jenis pembuluh dara, yakni vena, arteri dan kapiler. Kapiler merupakan jenis pembuluh darah yang sifatnya halus.

Pembuluh nadi memiliki tempat yang cukup dalam dan dinding yang tebal. Alirannya berasal dari jantung dan denyutnya terasa. Pembuluh inilah yang keluar saat seseorang terkena luka. Adapun pembuluh vena memiliki dinding yang tipis dan letaknya ada di dekat permukaan tubuh. Aliran darahnya menuju ke jantung dan tidak ada denyutan yang terasa.

Baca juga

Itulah ulasan mengenai sistem transportasi berikut berbagai alat dalam sistem transportasi yang memiliki peran penting untuk makhluk hidup. Dan pada dasarnya, sistem transportasi baik itu pada manusia ataupun hewan itu sama saja. Khususnya jenis hewan mamalia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *